Sunday 26 June 2022

Puisi " Mencari Sebuah Mesjid" Karya : taufik Ismail


"Mencari masjid"


Mereka bercerita tentang masjid.

Yang pilarnya adalah pohon hutan

Dasarnya - pilihan karang dan marmer.

Atap terbang di mana awan terjebak

Dan kubahnya transparan, berkilau.

Gosok topan Kutub Utara dan Selatan


Aku hilang dan mencari


Diceritakan tentang dinding yang benar-benar transparan.

Kaligrafi Al-Qur'an dihiasi dengan ukiran.

Dengan platinum dan emas

Bentuk daun yang sangat umum

Dan sarangnya sangat geometris

Cabang dan pucuk terlibat

Menggambar garis-garis busur angin.


Aku hilang dan mencari


Mereka berbicara tentang masjid dengan menara.

Sentuh lapisan ozon

Dan adzan tanpa henti

Buat lingkaran di sekitar pusat bumi.

Kemudian lepaskan nadanya

Sulaman malaikat dengan benang emas renda

Itu menghiasi karpet jutaan doa

Setiap rumah tempat Anda tinggal


Aku hilang dan mencari


Mereka bercerita tentang masjid

Ketika tiba waktunya untuk mengumandangkan adzan, bergabunglah

kamu pergi ke fajar

Anda tidak bisa sampai ke barisan depan.

Jadi jika Anda tidak ingin membuang waktu

berdoa di mana saja

Di lantai masjid ini, yang ternyata sangat luas


Aku hilang dan mencari


Saya diberitahu tentang kamar di sebelah mihrab.

Ini adalah perpustakaan tanpa ukuran.

Dan orang-orang membaca dengan tenang.

Di bawah lampu kristal yang terbuat dari berlian

yang menahan cahaya matahari

Anda melihat jutaan huruf dan kata secara berurutan

Sistem saraf pusat manusia juga menjadi ilmu yang bermanfaat.

Ada jutaan buku di perpustakaan

Terletak di sebelah mihrab masjid kami


Aku hilang dan mencari


Saya diberitahu tentang masjid dengan serambi dan ruang dalam

dimana orang-orang berjalan bersama

Dan diskusikan dunia dengan hati terbuka

Dan pendapat mungkin berbeda, tetapi tanpa kontroversi

Dan jika timbul perselisihan, dapat dijelaskan.

Ikatan persaudaraan sejati

Bahkan dalam kehangatan sajadah itu

Ada apa di mesjid?


bebaskan aku dari keinginan

mengembara mencarinya

Di mana letaknya?


Suatu hari saya pergi untuk matahari

Saatnya dia terpeleset

Barat seperempat

Dan di gunung ada adzan

dan menonton

Mencari masjid kiri kanan

Jika ada kenalan yang membawa gulungan

Dia berkata:

Inikah masjid yang anda cari, pak?


Dia menunjuk ke lapangan.

Dan sebarkan di lahan pertanian

Sepotong tikar panda

Lalu dia membawaku ke kamar mandi.

Airnya bersih dan dinginnya mengalir teratur.

Tanpa sepatah kata pun dia pertama kali melakukan wudhu.

Saya juga berpegangan tangan di bawah air.

Saat aku perlahan mengusap wajahku untuk ketiga kalinya

Airnya terasa hangat, tidak dingin.

seperti mandi

bercampur dengan teriakanku

Sedang hujan.


Pengarang : Taufik Ismail "Jeddah, 30 Januari 1988"


No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

Kerusakan2 Tv. (Bag. 13)

1. BINTANG EMAS-CA14A62 Gambar halus, offset PIF tetap: lihat Z201 (CF5.5 MHz). * Tes: Sentuh Basis Q202, gambar bagus. 2.SHARP-51R200 H...