Wednesday 29 June 2022

Puisi Meditasi Membaca Buku Karya Widji Thukul



buku bacaan meditasi
Pengarang: Viji Tukul

Buku membuatku menjadi manusia.
Saya terpisah dari orang-orang
Siapa yang bekerja untuk membangun dunia?
Palu keringat dan kekuatan
Saya merasa lebih mulia
Karena mereka tahu dan
saya dapat membeli
Saya merasa lebih baik, tidak lebih buruk
lebih dari yang lain
bahkan jika kamu tidak melakukan apa-apa

saya bisa membenarkan
Saya menjadi lebih pintar dengan berbicara.
dan diskusi panjang
bahkan jika kamu tidak melakukan apa-apa

Saya tahu penyair-penyair hebat.
Dan merasa lebih penting
Aku hanya menggelengkan kepalaku yang mengantuk
mengagumi orang-orang hebat
pikiranku melompat
rumus mesin slot
dengan iman yang tulus
Jadi terasa berbeda dari kemarin
dan lebih ilmiah
bahkan jika kamu tidak melakukan apa-apa
Dan tidak berani menolak perintah.
Juga tidak patuh kepada pemerintah.
keterlaluan

Buku mencegah saya mengotori tangan saya
Takut kotor
Dan disebut tuannya
Padahal aku sama
bekerja denganmu
Menggali jalan untuk telepon
Siapa yang bekerja dengan palu lunak?
dan energi
Bangun gedung yang indah dan
Pelayanan publik

buku merendahkan saya
tempat sunyi
Bangunkan aku saudara-saudara!

(Sorogenen, 14 Maret 1988)

No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

Kerusakan2 Tv. (Bag. 13)

1. BINTANG EMAS-CA14A62 Gambar halus, offset PIF tetap: lihat Z201 (CF5.5 MHz). * Tes: Sentuh Basis Q202, gambar bagus. 2.SHARP-51R200 H...