Friday 8 July 2022

Pengertian Majas Anafora beserta Contohnya Lengkap


Tahukah kamu apa yang dimaksud dengan aliterasi? Ada berbagai pola bicara bahasa Indonesia, dan salah satunya adalah aliterasi. Untuk memperjelas aliterasi tersebut, dalam artikel ini kita akan membahas pengertian aliterasi dengan contoh lengkapnya. Mari kita simak dan analisis pendapat berikut ini:

definisi aliterasi
Aliterasi adalah jenis citra ujaran dimana aliterasi termasuk dalam pengulangan, yaitu citra ujaran mengandung kata-kata dalam kalimat atau pengulangan kalimat. Jika kita simpulkan bahwa aliterasi adalah gaya modern yang merupakan ciri pengulangan kata pertama dalam suatu baris kalimat, maka dapat diulangi di tengah kalimat dan di akhir kalimat.

Menurut para ahli, pengertian aliterasi adalah sebagai berikut:

  • Menurut Ratna: Majas Anaforta adalah kumpulan kata atau frasa yang dapat diulang pada bait berikutnya.
  • Menurut Kraff: Aliterasi adalah pengulangan kata pertama dalam setiap baris kalimat atau string sebagai pengulangan.
Tujuan dari pengulangan kata-kata dalam sebuah kata atau frase adalah untuk menekankan arti dari sebuah ide atau konsep.

Contoh aliterasi dalam puisi:
Contoh 1
Topi mahal itu juga jatuh seperti itu
Tapi hujan berhenti untuk waktu yang lama.
Pemiliknya tidak mengambil topi mahal itu.
Bukankah itu menghabiskan banyak biaya?



Contoh 2
Apa yang terjadi jika anak sakit?
Bagaimana dengan obat?
Bagaimana dokter?
Bagaimana rumah sakit?
Bagaimana dengan uang?
Bagaimana dengan gaji?
Bagaimana dengan pabrik? Apakah dia bermain?
Api tidak menghentikan mesin.
Aliran energi yang sangat murah
Bu Ayu Kakang dari desa



Contoh 3
Jika Anda tidak memiliki mesin tik
Saya akan menulisnya dengan tangan
Jika tidak ada tinta hitam
Saya akan menulis di arang
Jika tidak ada kertas
Saya akan menulis di dinding
Jika saya menulis dilarang
Saya akan menulis dengan ini
Tetes darah!




Contoh aliterasi dalam kalimat:

1. Mengetahui bahwa Anda membuat saya bahagia , mengetahui bahwa Anda seperti segalanya telah berubah, dan mengetahui bahwa Anda membantu saya memahami hidup.

2. Berdoa untuk kehidupan yang damai, berdoa untuk pemenuhan keinginan Anda, berdoa , karena ini adalah perwujudan cinta Tuhan.

3. Belajar memahami, belajar memahami dan belajar mencapai segalanya.

4. Memberi karena akan membuat Anda kaya, memberi karena itu adalah obat hati, memberi karena membantu orang lain.

5. Berusahalah untuk mencapai sesuatu, berusahalah semaksimal mungkin , berusahalah sampai kamu mencapai kesuksesanmu.

6. Saat aku melihatmu , aku mulai merasakan sesuatu , aku sadar aku merindukanmu.

7. Ibuku adalah periku, ibuku adalah ceritaku dan ibuku adalah segalanya bagiku.


No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

Kerusakan2 Tv. (Bag. 13)

1. BINTANG EMAS-CA14A62 Gambar halus, offset PIF tetap: lihat Z201 (CF5.5 MHz). * Tes: Sentuh Basis Q202, gambar bagus. 2.SHARP-51R200 H...