Saturday, 23 July 2022

3 langkah mengklaim BPJSKetenagakerjaan

"Apakah Anda ingin menyelesaikan pekerjaan BPJS Anda..."?

BPJS atau dahulu JAMSOSTEK adalah hak setiap pegawai yang mengundurkan diri, mengundurkan diri, pensiun, diberhentikan atau sebaliknya. Namun terkadang mantan karyawan tidak tahu atau sudah tahu tetapi menunjukkan kemalasan untuk menangani pembayaran karena terkesan rumit dan rumit, sehingga diselesaikan melalui mediasi. Sungguh memalukan, bukan?








Sebenarnya membayar atau mengklaim pekerjaan BPJS tidak terlalu sulit asalkan kita mau buktikan hasilnya, apalagi sekarang pemerintah sudah menetapkan persyaratan online sehingga persyaratan data klaim bisa langsung diunduh.

Namun, perhatikan bahwa meskipun aplikasi diajukan secara online, detail yang diajukan secara online harus diverifikasi di kantor BPJS ketenagakerjaan tempat Anda melamar.

Berikut langkah-langkah yang harus diikuti jika ingin klaim BPJS Emplegua/Jamsostek ON LINE jika belum cair 100%.

1. Buat akun kerja resmi BPJS


  • Untuk membuat akun kerja BPJS ini, Anda harus memiliki alamat email terlebih dahulu. Lihat gambar yang muncul:



  • Kemudian isi kolom data tersebut sampai selesai, setelah selesai anda akan mendapatkan email konfirmasi yang telah anda berikan. melalui alamat email. Dan ikuti langkah-langkah yang disebutkan.

  • Setelah Anda berhasil membuat akun BPJS ketenagakerjaan, selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah proses klaim yaitu login ke akun BPJS ketenagakerjaan yang Anda buat, karena terdapat beberapa pilihan. Lihat gambar:
  • Centang kotak Permintaan Saldo JHT, maka akan muncul kolom untuk Anda isi,

  • Setelah menyelesaikan semua bidang permintaan Anda. Kemudian akan muncul syarat-syarat yang perlu anda download, seperti kartu kerja bpjs, kartu tanda penduduk, kartu keluarga, surat permohonan pemberhentian, buku tabungan, dll. Download semua yang diperlukan, lalu tunggu konfirmasi verifikasi data yang dikirimkan ke alamat email Anda.



2. Verifikasi informasi Anda
  • Setelah anda mendapatkan respon dari aplikasi BPJS ketenagakerjaan, langkah selanjutnya adalah mengecek data yang anda kirimkan ke kantor BPJS ketenagakerjaan, cara mencetak respon dari BPJS ketenagakerjaan, salah satu data yang diperlukan untuk verifikasi non personal anda adalah pencetakan. Karena data tercetak membuktikan bahwa Anda mengajukan klaim secara online,

Kapan sebaiknya Anda pergi ke BPJS Ketenagakerjaan? “Respons ada di lembar respons tercetak , yang berisi tanggal dan waktu kedatangan Anda
Catatan: Datanglah lebih awal untuk menghindari antrean panjang.


  • Kemudian siapkan informasi pribadi Anda seperti bpjs, ktp, kartu kerja KK, permintaan cuti, booklet dll. Catatan: Jangan memasukkan data yang tidak valid karena lamaran Anda akan ditolak oleh job-bpjs dan Anda disarankan untuk memperbaikinya. Dan mulai lagi dan langkah selanjutnya adalah memverifikasi.


3. Harapkan dana cair 100%
  • Setelah verifikasi data selesai, BPJS Ketenagakerjaan akan meminta Anda untuk menunggu tanggal jatuh tempo pembayaran, yang jika menggunakan transfer bank, akan dibayarkan kurang lebih dua minggu setelah konfirmasi dikirimkan.



Bagaimana...?, kurang jelas... Semoga artikel ini bermanfaat, jika kurang jelas dan perlu bertanya silahkan isi kolom komentar di bawah...!! Terima kasih..




Baca lebih banyak:





No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

Kerusakan2 Tv. (Bag. 13)

1. BINTANG EMAS-CA14A62 Gambar halus, offset PIF tetap: lihat Z201 (CF5.5 MHz). * Tes: Sentuh Basis Q202, gambar bagus. 2.SHARP-51R200 H...